LAPORAN
PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
DI
BENGKEL ADI JAYA BANDAR JAYA
MENYETEL
DAN MEMPERBAIKI REM
Disusun
Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat
Mengikuti
Ujian Nasional Dan Ujian Sekolah
Pada
Sekolah Menengah Kejuruaan Darusy Syafa’ah Kotagajah
D
Disusun
oleh:
NAMA : MIFTAHUL MUNIRUL DANDI
NISN :
0001072723
KELAS : XI TKR
YAYASAN
DARUSY SYAFA’AH KOTA GAJAH
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK)
SMK
DARUDY SYAFA’AH
TP. 2016/2017
LEMBAR
PENGESAHAN 1
PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
DI
ADI JAYA SERVICE
MEMPERBAIKI
DAN MENYETEL REM
Laporan ini
disetujui dan disahkan dari pihak ADI JAYA SERVICE pada:
Hari :
Tanggal :
Mengetahui, Kotagajah,…………………..2017
Kepala Toko Pembimbing Lapangan
RIYONO RIYONO
LEMBAR
PENGESAHAN 1
PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
DI
ADI JAYA SERVICE
MEMPERBAIKI
DAN MENYETEL REM
Laporan ini
disetujui untuk diuji dan disahlan dari pihak sekolah Menengah
Kejuruan Darusy
Syafa’ah Kotagajah pada :
Hari :
Tanggal :
Ketua Jurusan Pembimbing
Sekolah
JOOK WANDIKA, S.Pd MAT AGUS, S.T
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMK DARUSY SYAFA’AH
Hj.
Laili Masitoh, S.Hi
MOTTO
Ketka
ada kesempatan dan peluang yang terbuka luas, maka dari kemauan yang
kuat akan datang bagi kita keberhasilan yang
kita harapkan
“ada
peluang, ambil, dan berhasil”
(
Miftahul Munirul Dandi)
KATA
PENGANTAR
Bismillahirohmanirrohim,puji syukur
Alhamdulillah penulis panjatkan kepada kehadirat Allah SWT, shalawat dan salam
saya panjatkan kepada jungjungan Nabi besar kita sayyidina Muhammad SAW.
Laporan ini ditulis untuk memenuhi
salah satu persyaratan dan laporan tentang pekerjaan yang penulis lakukan
selama prakerin di bidang Teknik Kendaraan Ringan (TKR).Saya menyadari bahwa
penyusunan laporan ini tidak lepas dari bantuan dan dorongan dari berbagai
pihak.
Kami ucapkan
banyak terimakasih kepada :
1.
Ibu Hj. Laili
Masitoh, S.Hi sebagai Kepala Sekolah SMK Darusy Syafa’ah.
2.
Bapak Jook
Wandika, S.Pd selaku Ketua jurusan.
3.
Bapak Mat Agus,
S.T selaku Pembimbing pelaksanaan PRAKERIN.
4.
Segenap guru
dan staf SMK Darusy Syafa’ah Kotagajah Lampung Tengah.
5.
Bapak Riyono
selaku pendiri Toko ADI JAYA SERVICE.
6.
Bapak Riyono
selaku pembimbing di Toko ADI JAYA SERVICE.
7.
Kepada kedua
orang tua yang telah memberikan dukungan dalam bentuk moral dan material.
8.
Semua pihak
yang membantu dalam pelaksanaan Praktik Industri.
Meski penulis telah berusaha untuk
sebaik-baiknya namun penulis menyadari bahwa laporan ini masih banyak
kekurangan.Oleh karena itu penulis mengharapkan dan menerima kritik dan saran
yang sifatnya membangun demi perbaikan dan kelancaran untuk kedepannya.
Mohon maaf dari penulis apabila ada
kata atau tulisan yang kurang berkenan dan kurang benar dalam laporan
ini.Semoga laporan ini bermanfaat dan berguna untuk semuanya.
Kotagajah,………………….2017
MIFTAHUL
MUNIRUL DANDI
DAFTAR
ISI DAN HALAMAN
HALAMAN JUDUL........................................................................ i
HALAMAN
PENGESAHAN INDUSTRI………………………. ii
HALAMAN
PENGESAHAN SEKOLAH………………………. iii
HALAMAN
MOTTO…………………………………………….. iv
KATA PENGANTAR...................................................................... v
DAPTAR
ISI.....................................................................................
vi
BAB I
PENDAHULUAN................................................................ 1
1.1 Latar Belakang...............................................................
1
1.2
Tujun Pembuatan Laporan............................................. 1
1.3
Pembatasan Ruang Lingkup........................................... 2
BAB II KAJIAN
TEORITIS…...................................................... 3
2.1. Rem
Cakram.................................................................. 3
2.1.1. Tinjauan
Umum............................................... 3
2.1.2. Kontruksi/ Model.............................................
3
2.1.3. Komponen dan
Fungsi..................................... 4
2.1.4. Cara
Kerja........................................................ 5
2.1.5.
Gangguan-Gangguan....................................... 5
2.1.6. Keselamatan
Kerja .........................................
5
2.1.7. Alat dan Bahan................................................
6
2.2. Rem
Tromol................................................................... 7
2.2. 1. Tinjauan
Umum.............................................. 7
2.2. 2. Kontruksi/
Model............................................ 7
2.2. 3. Komponen dan
Fungsi.................................... 7
2.2. 4. Cara Kerja........................................................
8
2.2. 5.
Gangguan-Gangguan....................................... 9
2.2. 6. Keselamatan
Kerja........................................... 9
2.2. 7. Alat dan Bahan.................................................
9
BAB III
PELAPORAN.....................................................................
11
3.1.
Rem Tromol....................................................................
11
3.1.1. Langkah Pembongkaran....................................
11
3.1.2.
Pemeriksaan....................................................... 11
3.1.3.
Pengukuran…………………………………… 11
3.1.4. Kesimpulan
Gangguan....................................... 12
3.1.5. Langkah Pemasangan.........................................
12
3.1.6. Cara
Penyetelan.................................................. 12
3.2. Rem
Cakram.................................................................... 13
3.2.1. Langkah Pembongkaran....................................
13
3.2.2. Pemeriksaan.......................................................
13
3.2.3.
Pengukuran…………………………………… 13
3.2.3. Kesimpulan
Gangguan...................................... 14
3.2.4.Langkah Pemasangan.........................................
14
3.2.5. Cara
Penyetelan................................................. 14
BAB IV
PENUTUP………………………………………………… 15
4.1. Kesimpulan……………………………………………...
15
4.2. Saran…………………………………………………….. 15
4.3. Penutup……………………………………………..…… 15
4.4. Daftar Pustaka……………………………………………
16
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pelaksanaan praktek kerja industri
sebagai perwujudan dari upaya peningkatan mutu tamatan Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK).Pada prosesnya dilaksanakan dalam dua tempat yaitu di Sekolah
dan Didunia Industri/Usaha. Dalam mencapai tujuan relevasi pendidikan dengan
tuntutan Dunia Industri/Usaha juga siswa akan memiliki kemampuan kerja yang
meliputi :
1.
Kemampuan
Kerja
2.
Motivasi
Kerja
3.
Inisiatif
4.
Kreatifitas
5.
Hasil
Kerja yang Berkualitas
6.
Disiplin
Waktu
7.
Rajin
dalam Bekerja
1.2
Tujuan Pembuatan Laporan
Tujuan
yang ingin dicapai penulis dalam pelaksanaan prakerin ini adalah :
1.
Untuk
memenuhi salah satu tugas dari SMK Darusy Syafa’ah
2.
Sebagai
laporan hasil praktik kerja industry (Prakerin).
3.
Agar
siswa mampu mengolah sebuah data menjadi fakta dalam bentuk laporan.
4.
Agar
mampu mengumpulkan data-data tentang Ilmu Pengetahuan melalui praktik kerja
lapangan untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan sekolah.
1.3
Pembatasan Ruang Lingkup
1.
Rem
Cakram
2.
Rem
Tromol
BAB II
KAJIAN TEORITIS
A. Rem Cakram
Rem Cakram adalah perangkat
pengereman yang di gunakan pada kendaraan modern.Rem cakram berfungsi untuk
memperlambat dan menghentikan laju kendaraan.Rem ini bekerja dengan menjepit
cakram atau piringan yang biasanya di pasang pada roda depan tetapi itu pada
jenis kendaraan seperti SUZUKI Futura,Avanza,Xenia,dll tetapi tidak semua
kendaraan memakai rem cakram pada roda depan ada juga yang memakai pada roda
belakang sepertu jenis kendaraan Sedan.
1.
Konstruksi
Model
· Sliding Caliper
Medel
ini caliper yang mempunyai dua piston mendorong keluar kanvas rem ke salah satu sisi, tetapi pada saat yang
sama juga mendorong keluar kanvas rem ke arah yang berlawanan sehingga
penekanan dapat merata dengan tenaga pengereman yang kecil.

Gambar 1.1 Sliding Caliper
· Fixes Caliper
Model
ini mempunyai dua piston yang terletak diantara kedua sisi cakram. Jika terjadi
pengereman piston akan mencekram cakram dengan sama besar.
· Rem Cakram

Gambar 1.2 Rem Cakram
2.
Komponen
dan Fungsi
· Piringan

Gambar 1.3 Piringan
Umumnya
piringan terbuat dari besi tuang dan terdapat lubang-lubang untuk ventilasi.
Fungsinya untuk menerima gesekkan dari pad rem pada saat pengereman dilakukan.
· Caliper
Caliper adalah komponen rem disc
yang berguna untuk menerima meneruskan gaya pengereman dari minyak rem untuk
memberikan tekanan pada pad rem. Pada caliper terdapat piston yang menerima
tekanan dari minyak rem dan akan bergerak maju keluar untuk menekan pad rem.
Caliper dipasangkan pada chasis mobil dan tidak bergerak atau diam saja pada
saat roda berputar.
· Pad Rem
Pad rem adalah komponen rem yang
menekan dan bergesekkan dengan disc. Pad rem ini dipasangkan pada caliper rem
dan dapat bergerak maju mundur di saat
piston pada caliper menekannya. Pad rem lebih sering dikenal juga dengan
sebutan kampas rem.
3.
Cara
Kerja
Cara kerja Rem Cakram adalah dengan
menekan pedal rem, maka fluida akan menekan silinder pada roda yang kemudian
silinder roda akan menekan pad rem kemudian pad rem akan menekan atau menjepit
cakram atau piringan dan terjadilah pengereman.
4.
Gangguan-gangguan
· Kanvas rem sudah tipis
5.
Keselamatan
Kerja
· Bekerja sesuai dengan petunjuk kerja
· Gunakan pakaian kerja
· Gunakan alat sesuai fungsinya
· Konsentrasi pada pekerjan
. Bersihkan apabila sudah beres
· Simpan baud-baud pada tempat yang
memungkinkan seperti pada wadah supaya tidak ada yang kurang waktu
memasangkannya kembali
6.
Alat
dan Bahan
Alat
:
1. Kunci ring pas 17
2. Kunci sock 17
3. Dongkrak
4. Jack stand
5. Presan (untuk mempres piston pada caliper)
6. Kunci roda
Bahan
:
1. Pad rem atau kanvas rem baru
2. 1 unit mobil SUZUKI Futura
B. Rem Tromol
1.
Kajian
teoritis
Rem
tromol adalah komponen dari Sistem Prngereman yang ada pada mobil fungsinya
dengan rem cakram yaitu untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan
2.
Kontruksi
model

Gambar 1.4 Rem Tromol
3.
Komponen dan fungsi
· Kanvas : Berfungsi untuk menekan putaran
tromol sepaya terjadi gesekan

Gambar 1.5 Kanvas Belakang
· Paku pengunci : untuk mengunci kanvas supaya
tidak bergerak dan tetap pada
posisinya
· Tromol : menerima gesekan
dari kanvas rem
Gambar 1.6 Tromol Mobil
· Silinder roda : untuk menekan kanvas ke
tromol
· Baud penyetel : untuk menyetel kanvas rem ke
tromol dengan cara diputar ke
kanan dan kekiri
· Master silinder : menampung minyak rem
· Backing plat : tumpuan untuk menekan putaran
sekaligus sebagai dudukan
silinder roda

Gambar 1.7 Backing plat
4.
Cara
kerja
Saat
pengemudi menginjak pedal rem master silinder menekan fluida kemudian fluida
meneruskan tekanan ke silinder roda kemudian menekan sepatu rem yang akhirnya
sepatu rem membawa kanvas rem dan menekan tromol dan menimbulkan gesekan antara
kanvas dan tromol gesekan tersebut yang menyebabkan terjadi pengereman
5.
Ganguan-ganguan
- Kanvas rem sudah tipis
6.
Keselamatan
kerja
· Bekerja sesuai dengan petunjuk kerja
· Gunakan pakaian kerja
· Gunakan alat sesuai fungsinya
· Konsentrasi pada pekerjan
· Bersihkan apabila sudah beres
· Simpan baud-baud pada tempat yang
memungkinkan seperti pada wadah supaya
tidak ada yang kurang waktu memasangkannya
kembali
7.
Alat
dan Bahan
Alat
· Kunci roda
· kunci ring pas 14
· dongkrak
· jack stand
· mur 14 (untuk membuka tromol apabila
susuh)
Bahan
· kanvas rem baru
· 1 unit mobil SUZUKI Futura
BAB III
PELAPORAN
1. Rem Tromol
· Langkah pembongkaran
o Siapkan kanvas baru
o Longgarkan mur roda
o Angkat kendaraan
o Pasang jack stand
o Lepas roda
o Lepaskan tromol
o Lepaskan per pengembali
o Lepas adjusting scew
o Lepas paku pengembali
o Lepas kanvas/sepatu rem
· Pemeriksaan
Memeriksa
sepatu rem atau kanvas rem sudah tipis atau belum kalau sudah tipis kanvas
harus di ganti
· Pengukuran
Ketebalan
minimum : 1,0mm (0,039 in)
Ketebalan
standart : 6,0 mm (0,197 in)
Bila
ketebalan pelapis sepatu kurang dari nilai minimum, atau terlihat tanda-tanda
keausan yang tidak merata, gantilah sepatu rem.
Kanvas
rem yang saya ukur sudah kurang dari batas minimum yaitu kurang dari 1,0mm
· Kesimpulan Gangguan
Jadi
kesimpulannya kanvas rem atau sepatu rem sudah harus di ganti karna sudah
melewati batas minimum .
· Langkah Pemasangan
o Pasang kanvas baru
o Pasang paku pengunci
o Pasang adjusting scew
o Pasang per pengembali
o Pasangkan tromol
o Pasang roda
o Angkat kendaraan
o Turunkan/ lepas jack stand
o Turunkan kendaraan
o Kencangkan mur roda
· Cara menyetel rem
Cara
menyetel rem tromol gunakan obeng min. Putar penyetel rem ke bawah 2x atau
keatas (pastikan penyetel berbunyi saat di putar) pasang tromol dan putar ke
kiri /kanan dan coba lepas kembali. Jika msh terasa kendor setel kembali rem
sedikit demi sedikit sampai tromol terasa agak keras saat di lepas.
2. Rem Cakram
· Langkah Pembongkaran
o Siapkan kanvas baru
o Longgarkan mur roda
o Angkat kendaraan
o Pasangkan jack stand
o Lepaskan roda
o Buka pen caliper bawah
o Tarik pen caliper ke atas
o Buka kanvas
· Pemeriksaan
Memeriksa
sepatu rem atau kanvas rem sudah tipis atau belum kalau sudah tipis kanvas
harus di ganti.
· Pengukuran
Pengukuran
kanvas saat saya lakukan kanvas tersebut sudah melebihi batas minimum yaitu
sekita 2,0mm
· Kesimpulan Gangguan
Kesimpulan
dari hasil pengukuran yang tadi di lakukan bahwa kanvas rem harus segera di
ganti karena sudah melibihi batas minimum apabila tidak di ganti maka akan ada
bunyi pada saat pengereman dan sistem pengereman tidak begitu sempurna.
· Lagkah pemasangan
o Dorong/pres piston caliper
o Pasangkan kanvas
o Turunkan pen caliper
o Pasang pen caliper
o Pasang roda
o Angkat kendaraan
o Ambil jack stand
o Turunkan kendaraan
o Kancangkan mur roda
· Cara Penyetelan
Dalam
sistem rem cakram rem tidak dapat di setelkan
BAB IV
PENUTUP
Ø Kesimpulan
Dari pemaparan diatas, dapat
disimpulkan bahwa ketika kita bekerja disuatu perusahaan atau organisasi dibidang
apa saja, sangat menunjang kita dalam berkarir terutama modal dan berani
berspekulasi,bertanggung jawab. Dengan kesempatan yang ada untuk menuju
kesuksesan. Dimanapun kita bekerja hakekatnya sama saja, yang terutama harus
kita miliki adalah keyakinan kita untuk maju dan pantang menyerah, juga
diperlukannya sportifitas dan kedisiplinan dalam bekerja. Dalam hal ini, ketika
kita bekerja disuatu perusahaan, kita harus mengetahui fungsi dan tugas, dan
mengerti pekerjaan. Dalam otomotif perlunya pemahaman dalam setiap system kerja
mesin ataupun modifikasi.
Ø Saran
Menurut
saya Pelaksanaan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) merubah siswa tentang
belajar di Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam hal ini siswa menjadi mengerti
tentang segala sesuatu yang diinginkan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri.
Ø Penutup
Demikian
laporan yang saya tulis mohon maaf jika terdapat kesalahan atau pernyataan yang
kurang benar dalam makalah ini, karna manusia tempatnya salah dan lupa, namun
penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna
penyempurnaan pada karya ilmiah selanjutnya. Dan penulis mengucapkan terima
kasih kepada pihak – pihak yang mendukung dalam pengerjaan laporan ini. Harapan
penulis agar karya ini dapat berguna dikemudian hari. Amin.
DAFTAR FUSTAKA
Buku
catetan chasis
https://www.google.com/search?q=rem+tromol&client=firefox-a&hs=UMl&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=sb&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ei=_jtOVKTyPOPbmgWOu4GABA&ved=0CCEQsAQ&biw=1024&bih=631#facrc=_&imgdii=_&imgrc=rOFLzIbCF2N3jM%253A%3BWrNiztHicaaZOM%3Bhttp%253A%252F%252F4.bp.blogspot.com%252F_FGK1pnuIDXA%252FS6Xmps8CjZI%252FAAAAAAAAACU%252FnIhqZnHXvUw%252Fs400%252FRem%25252BTromol.jpg%3Bhttp%253A%252F%252Frushnrun.blogspot.com%252F2013%252F06%252Frem-tromol.html%3B320%3B289
https://www.google.com/search?q=rem+CAKRAM+MOBIL&client=firefox-a&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=sb&biw=1024&bih=631&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ei=3TxOVO6ZOMa3mAWIroHoAw&ved=0CBwQsAQ#facrc=_&imgdii=_&imgrc=d41QntTd4GUSqM%253A%3BpSqll-MRA5ThOM%3Bhttp%253A%252F%252F2.bp.blogspot.com%252F-5rlHVvrk45w%252FT1zktKFeRII%252FAAAAAAAADNA%252FBgwIHZ1dO8w%252Fs1600%252FRem%252BCakram%252BMobil.jpg%3Bhttp%253A%252F%252Fmateri-tik-ptd.blogspot.com%252F2012%252F03%252Fkomponen-rem-cakram.html%3B419%3B322
https://www.google.com/search?q=CALIPER&client=firefox-a&hs=hlQ&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=sb&biw=1024&bih=631&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=Fj1OVJHkK4HDmAWFioDwAw&ved=0CAYQ_AUoAQ#facrc=0%3Bbrake%20caliper&imgdii=_&imgrc=_
https://www.google.com/search?q=kanvas+rem&client=firefox-a&hs=l85&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=sb&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=rj1OVJCIOIK_mwWJ54CABA&ved=0CAgQ_AUoAQ&biw=1024&bih=631#facrc=_&imgdii=_&imgrc=8E99ZU_epbFmRM%253A%3BB9f54Rwz92cUYM%3Bhttp%253A%252F%252Ftm.tangomotor.com%252Fprestashop%252F1977-large%252Fkampas-rem-belakang-soluna-great-corolla.jpg%3Bhttp%253A%252F%252Ftm.tangomotor.com%252Fprestashop%252Fgreat-corolla-soluna%252F1249-kampas-rem-belakang-soluna-great-corolla.html%3B300%3B300
otomodif.otomotifnet.com

0 komentar: